Konsep Layanan
Layanan
adalah suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan seseorang atau suatu
organisasi untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah yang dimiliki
oleh individu atau organisasi lain. Layanan dapat berupa produk atau kegiatan
yang diberikan kepada konsumen atau pelanggan dengan tujuan untuk memuaskan
kebutuhan atau menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
Ada
beberapa konsep layanan yang perlu diperhatikan dalam memberikan layanan kepada
pelanggan, di antaranya adalah:
- Kualitas layanan: Kualitas layanan merupakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Kualitas layanan yang baik akan membuat pelanggan merasa puas dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Kepuasan pelanggan: Kepuasan pelanggan merupakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Kepuasan pelanggan yang tinggi akan membuat pelanggan merasa senang dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Kepercayaan pelanggan: Kepercayaan pelanggan merupakan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Kepercayaan pelanggan yang tinggi akan membuat pelanggan merasa nyaman dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Loyalitas pelanggan: Loyalitas pelanggan merupakan tingkat kecenderungan pelanggan untuk terus menggunakan layanan yang diberikan. Loyalitas pelanggan yang tinggi akan membuat pelanggan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Kemudahan akses layanan: Kemudahan akses layanan merupakan tingkat kesulitan yang dialami pelanggan dalam mengakses layanan yang diberikan. Kemudahan akses layanan yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Waktu layanan: Waktu layanan merupakan waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk mengakses layanan yang diberikan. Waktu layanan yang cepat akan membuat pelanggan merasa nyaman dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Responsif terhadap kebutuhan pelanggan: Responsif terhadap kebutuhan pelanggan merupakan tingkat kemampuan layanan untuk merespons dan menyelesaikan kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Layanan yang responsif terhadap kebutuhan pelanggan akan membuat pelanggan merasa dihargai dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Fleksibilitas layanan: Fleksibilitas layanan merupakan tingkat kemampuan layanan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan. Layanan yang fleksibel akan membuat pelanggan merasa nyaman dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Nilai tambah layanan: Nilai tambah layanan merupakan tambahan fitur atau kelebihan yang diberikan kepada pelanggan selain dari layanan utama yang diberikan. Nilai tambah layanan yang baik akan membuat pelanggan merasa terpuji dan kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan tersebut di kemudian hari.
- Dengan memperhatikan konsep-konsep layanan tersebut, maka pelanggan akan merasa puas dan terhargai, sehingga kemungkinan besar akan terus menggunakan layanan yang diberikan dan merekomendasikannya kepada orang lain.
Referensi:
https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/33244
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dih/article/view/886
Tidak ada komentar:
Posting Komentar