Pengertian DSS (Delivery, Service and Support)
DSS Domain DSS (Delivery, Service and Support) adalah salah satu framework COBIT 5. Domain ini merupakan perluasan dari domain Deliver and Support (DS) pada versi COBIT sebelumnya, yakni COBIT 4.1. Fokus domain DSS pada COBIT 5 yakni pada aspek pengiriman teknologi informasi, proses, dan dukungan yang memungkinkan untuk pelaksanaan sistem TI yang efektif dan efisien. Pada domain DSS memiliki beberapa kategori yaitu system availability management, problem management, service desk and incident management, security administration, IT operation and database administration.
Control Objective DSS
Source : Dokumen Pribadi |
Domain DSS sendiri memiliki 6 control objective yang
terbagi menjadi DSS01 sampai DSS06, yakni sebagai berikut :
1. DSS01 – Mengelola Operasi
Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan dan prosedur operasional yang diperlukan untuk memberikan layanan TI ke organisasi internal dan eksternal. Ini termasuk menetapkan prosedur operasi standar dan melakukan kegiatan pemantauan yang diperlukan.
2. DSS02 – Manage Service Request and Incidents
Menanggapi pertanyaan pengguna secara tepat waktu dan efektif dan menyelesaikan semua jenis insiden.
3. DSS03 – Manage Problems
Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan masalah dan akar penyebab
masalah dan memberikan resolusi yang tepat waktu untuk mencegah insiden
berulang serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan.
4. DSS04 – Manage Continuity
Membangun dan memelihara rencana untuk memungkinkan bisnis dan TI
dalam menanggapi insiden dan gangguan dalam rangka melanjutkan pelaksanaan
proses bisnis yang penting dan layanan TI yang diperlukan dan menjaga
ketersediaan informasi pada tingkat yang dapat diterima oleh perusahaan.
5. DSS05 – Manage Security Services
Melindungi informasi perusahaan dan menjaga tingkat risiko keamanan informasi yang dapat diterima bagi perusahaan sesuai dengan kebijakan keamanan.
6. DSS06 – Manage Business Process Controls
Mendefinisikan dan memelihara proses bisnis yang tepat kontrol
untuk memastikan bahwa informasi yang terkait dan diproses oleh proses bisnis
outsourcing memenuhi semua persyaratan pengendalian informasi yang relevan.
- Artikel ini ditulis berdasarkan referensi dari :
- A. Achyar, "Analisis Audit Sistem Informasi Berbasis COBIT 5 Pada Domain Deliver,
- Service, and Support (DSS) (Studi Kasus: SIM-BL di Unit CDC PT Telkom Pusat. Tbk)", e-Proceeding of Engineering, vol.2, no.2, pp. 6110-6123, 2015.
- C. Ulfatisa, A. Ismiarta, P. Andi, "Evaluasi Layanan BPJSTK Mobile Dengan Menggunakan
- Domain Deliver, Service and Support Berdasarkan Framework COBIT 5 (Studi Kasus : BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mataram)", Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 8, 2018, hlm. 2382-2391.
- L. Nadiza, P. Tini, A. Maya, "ANALISIS IT GOVERNANCE MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5
- DOMAIN DSS, MEA DAN BAI", Jurnal Pseudocode, vol. 7, no. 2, pp. 97–104, 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar