MProsTI-Kel6-2022

Merupakan website untuk Kelompok 6 MProsTI A berbagi artikel mengenai materi yang didapat

Kerangka Kerja COBIT

Post Page Advertisement [Top]

Definisi Umum APO

 

Align, Plan Organize (APO)

 

 



Definisi

Membangun organisasi internal dan diperluas struktur yang mencerminkan kebutuhan bisnis dan prioritas TI. Menerapkan struktur manajemen yang diperlukan (mis.,komite) yang memungkinkan pengambilan keputusan manajemen berlangsung dengan cara yang paling efektif dan efisien.

 

Cara Kerja APO

 

·       Tentukan ruang lingkup, fungsi internal dan eksternal, peran internal dan eksternal, serta kemampuan dan hak keputusan yang diperlukan, termasuk aktivitas TI tersebut

dilakukan oleh pihak ketiga.

·       Mengidentifikasi keputusan yang diperlukan untuk pencapaian hasil perusahaan dan strategi TI, dan untuk pengelolaan dan pelaksanaan layanan TI.

·       Membangun keterlibatan pemangku kepentingan yang penting untuk pengambilan keputusan (akuntabel, bertanggung jawab, berkonsultasi atau diinformasikan).

·       Menyelaraskan organisasi terkait TI dengan model organisasi arsitektur perusahaan.

·       Menentukan fokus, peran dan tanggung jawab masing-masing fungsi dalam struktur organisasi terkait TI.

·       Menetapkan struktur dan hubungan manajemen untuk mendukung fungsi dan peran manajemen dan pelaksanaan, sejalan dengan

arah pemerintahan ditetapkan.

·       Membentuk komite strategi TI (atau setara) di tingkat dewan. Komite ini harus memastikan bahwa tata kelola TI, sebagai bagian dari perusahaan pemerintahan, ditangani secara memadai; memberi nasihat tentang arah strategis; dan meninjau investasi besar atas nama dewan penuh.

·       Membentuk komite pengarah TI (atau setara) yang terdiri dari eksekutif, bisnis, dan manajemen TI untuk menentukan prioritas yang mendukung TI

·       program investasi sejalan dengan strategi dan prioritas bisnis perusahaan; melacak status proyek dan menyelesaikan konflik sumber daya; dan

memantau tingkat layanan dan peningkatan layanan.

·       Memberikan pedoman untuk setiap struktur manajemen (termasuk mandat, tujuan, peserta rapat, waktu, pelacakan, pengawasan dan pengawasan) sebagai

serta masukan yang diperlukan untuk dan hasil yang diharapkan dari pertemuan.

·       Tetapkan aturan dasar untuk komunikasi dengan mengidentifikasi kebutuhan komunikasi, dan menerapkan rencana berdasarkan kebutuhan tersebut, dengan mempertimbangkan top-down,

komunikasi dari bawah ke atas dan horizontal.

·       Membangun dan memelihara koordinasi, komunikasi, dan struktur penghubung yang optimal antara fungsi bisnis dan TI dalam perusahaan

dan dengan entitas di luar perusahaan.

·       Secara berkala memverifikasi kecukupan dan efektivitas struktur organisasi.

Referensi

[1] https://jurnal.umk.ac.id/index.php/sitech/article/view/2723

[2] https://ojs.unimal.ac.id/sisfo/article/view/6297/3133

[3] https://ojs.unimal.ac.id/sisfo/article/view/6297/3133

 

Penulis: I Gusti Agung Jaya Hiswara (5026211122)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]