MProsTI-Kel6-2022

Merupakan website untuk Kelompok 6 MProsTI A berbagi artikel mengenai materi yang didapat

Kerangka Kerja COBIT

Post Page Advertisement [Top]

COBIT 5 Deliver, Service and Support (DSS)

 

COBIT 5 Deliver, Service and Support (DSS)

 



1 Manage operations.

Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan dan prosedur operasional yang diperlukan untuk memberikan layanan TI internal dan outsourcing, termasuk pelaksanaan prosedur operasi standar yang telah ditentukan sebelumnya dan kegiatan pemantauan yang diperlukan.

            Tujuan

·       Kegiatan operasional dilakukan sesuai kebutuhan dan terjadwal.

·       Operasi dipantau, diukur, dilaporkan, dan diperbaiki.

2 Manage service requests and incidents.

Memberikan respons yang tepat waktu dan efektif terhadap permintaan pengguna dan resolusi semua jenis insiden. Kembalikan layanan normal; merekam dan memenuhi permintaan pengguna; dan merekam, menyelidiki, mendiagnosis, meningkatkan, dan menyelesaikan insiden.

            Tujuan

·       Layanan terkait TI tersedia untuk digunakan. • Jumlah dan persentase insiden yang menyebabkan gangguan pada proses bisnis

·       Insiden diselesaikan sesuai dengan tingkat layanan yang disepakati.

·       Permintaan layanan ditangani sesuai dengan tingkat layanan yang disepakati dan untuk kepuasan pengguna.

           

3 Manage problems.

Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan masalah dan akar penyebabnya dan memberikan resolusi tepat waktu untuk mencegah insiden berulang. Memberikan rekomendasi untuk perbaikan.

            Tujuan

·       Masalah terkait IT diselesaikan agar tidak terulang kembali.

4 Manage continuity.

Menetapkan dan memelihara rencana untuk memungkinkan bisnis dan TI merespons insiden dan gangguan untuk melanjutkan operasi bisnis penting proses dan layanan TI yang diperlukan dan menjaga ketersediaan informasi pada tingkat yang dapat diterima oleh perusahaan.

            Tujuan

·       Informasi penting bisnis tersedia untuk bisnis sesuai dengan tingkat layanan minimum yang diperlukan.

·       Ketahanan yang memadai tersedia untuk layanan kritis.

·       Tes kontinuitas layanan telah memverifikasi keefektifan rencana.

·       Rencana kesinambungan terkini mencerminkan kebutuhan bisnis saat ini.

·       Pihak internal dan eksternal telah dilatih dalam rencana kesinambunga

5 Manage security services.

Melindungi informasi perusahaan untuk menjaga tingkat risiko keamanan informasi yang dapat diterima oleh perusahaan sesuai dengan kebijakan keamanan. Menetapkan dan memelihara peran keamanan informasi dan hak akses serta melakukan pemantauan keamanan.

            Tujuan

·       Keamanan jaringan dan komunikasi memenuhi kebutuhan bisnis.

·       Informasi diproses, disimpan, dan ditransmisikan oleh titik akhir perangkat dilindungi.Semua pengguna dapat diidentifikasi secara unik dan memiliki hak akses sesuai dengan peran bisnisnya.

·       Tindakan fisik telah diterapkan untuk melindungi informasi dari akses, kerusakan, dan gangguan yang tidak sah saat diproses, disimpan, atau dikirim.

·       Informasi elektronik diamankan dengan baik saat disimpan, ditransmisikan

atau dihancurkan.

6 Manage business process controls.

Tetapkan dan pertahankan kontrol proses bisnis yang tepat untuk memastikan bahwa informasi terkait dan diproses oleh bisnis internal atau outsourcing proses memenuhi semua persyaratan pengendalian informasi yang relevan. Identifikasi persyaratan kontrol informasi yang relevan dan kelola serta operasikan kontrol yang memadai untuk memastikan bahwa informasi dan pemrosesan informasi memenuhi persyaratan ini

            Tujuan

·       Cakupan dan efektivitas kontrol utama untuk memenuhi bisnis persyaratan untuk memproses informasi sudah lengkap.

·       Inventarisasi peran, tanggung jawab, dan hak akses diselaraskan dengan kebutuhan bisnis yang berwenang.

·       Transaksi bisnis disimpan sepenuhnya dan seperti yang dipersyaratkan dalam log.

Referensi:

[1] https://core.ac.uk/download/pdf/299902156.pdf

[2]https://www.researchgate.net/publication/326229696_Penerapan_Domain_DSS_Cobit_5_ pada_Analisis_GAP_dan_Kecukupan_Layanan_Teknologi_Informasi

[3] http://klik.ulm.ac.id/index.php/klik/article/view/323

 

Penulis: I Gusti Agung Jaya Hiswara (5026211122)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]